Cara memberi obat pil dan kapsul pada anjing maupun kucing | how to feed medicine to your dog or cat

Cara memberi obat pil dan kapsul pada anjing maupun kucing | how to feed medicine to your dog or cat

Merawat binatang kesayangan adalah tugas utama dari kita sebagai pecinta hewan peliharaan. Sebagai pemilik hewan peliharaan tentu kita tidak akan lepas dari momen saat mereka sakit dan butuh pengobatan. Setelah kita membawa anjing maupun kucing ke dokter hewan, untuk perawatan jalan biasanya dokter memberi obat berupa pil, tablet, kapsul atau bahkan sirup. Nah kali ini saya akan memberi tips kepada kalian pecinta anjing dan kucing, cara memberi obat berupa pil dan kapsul pada anjing maupun kucing. Cara ini adalah cara praktis yang sudah pernah saya lakukan dan saya bandingkan dengan cara-cara lainnya. Sebelumnya, saya memberi obat dengan cara mencekoki pil ditaruh di dekat tenggorokan. Berhasil juga sih, dan pernah juga gak berhasil, terlebih karena gigi anjingku berbentuk over short. Jadi ada rongga dan terkesan ga bisa menutup (mingkem), sehingga setiap kali minum obat dengan cara dicekokin harus dilakukan berkali-kali karena lebih sering keluar lagi dari mulutnya walau mulut sudah ditutup sebagian. Ada pula cara dengan mencampur langsung dengan makanan. Anjing adalah hewan dengan indera penciuman tajam, jadi anjing sakit biasanya gak suka makan, ditambah dengan makanan yang beraroma obat pahit, anjing akan enggan makan dan menolak.
Dalam video saya kali ini, saya mengoleskan vitamin gel kelapisan pil dan kapsul lalu meletakkan di dalam mulut anjing dan membiarkan anjing untuk menjilat sisa-sisa vitamin di tube vitamin gel tersebut.
Hasil yang saya dapatkan, anjing tidak pernah trauma lagi saat saya memegang obat pil dan kapsul. Begitu pula saat dipanggil untuk minum obat, anjing akan datang dengan senang hati. Proses ini jauh lebih cepat dan tidak membuat hewan peliharaan dan pemilik stress karena proses minum obat.
Oke semoga video saya ini bermanfaat bagi teman-teman pecinta hewan peliharaan. Jangan lupa like, share, dan subscribe ya. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Instagram : http://ift.tt/1rvTTF3

Tinggalkan Balasan

