Cara Membuat Play Doh Tahan Lama Tidak cepat kering

Cara Membuat Play Doh Tahan Lama Tidak cepat kering

Tutorial cara membuat lilin / clay / plasticine / doh untuk permainan Play Doh dan Fun Doh. Hai moms, minggu lalu saya dan Monique menyempatkan untuk membuat Doh lagi dengan lebih banyak warna. Mungkin teman-teman di facebook sudah bosan melihat postingan saya tentang DIY Play Doh karena saya selalu memposting hasil dari resep-resep Doh yang sudah saya coba. Dan menurut saya, yang paling cocok dengan alat-alat Fun Doh yang kami miliki adalah dengan menggunakan resep ini.

Seperti yang sudah saya katakan tadi resep ini adalah yang terbaik dari beberapa resep yang sudah pernah saya coba sebelumnya. Keunggulan resep ini tidak mudah kering terutama jika bermain di ruang ber AC, serta tidak mudah basi. Oke langsung aja ya kita simak resep dan cara membuatnya.
Resep membuat play doh :
115 gr tepung terigu
50 gr garam halus
5 sdt maizena (bisa ditambah, dikurangi, atau ditiadakan)
2 – 3 sdm minyak goreng
230 ml air suhu normal
2 sdt cream of tar tar, jika tidak punya bisa diganti dengan 2 sdt cuka masak.
Cara membuat play doh :
Campur bahan tepung terigu, garam, cream of tar tar, minyak dan air. Lalu aduk hingga kalis.
Bagi adonan menjadi beberapa warna. Setelah dibagi, tambahkan tepung maizena ke adonan yang sudah dibagi.
Rasio adonan tepung cair dengan maizena yang saya pakai acuan adalah 5 sdm adonan tepung cair banding 1 sdt munjung maizena. Jika ingin lebih keras tambah lagi maizenanya. Tujuannya memberi maizena setelah menuang warna agar masing-masing warna bisa disesuaikan tingkat kepadatan doh nya. Semakin banyak maizena tekstur akan menjadi lebih padat. Lebih cocok untuk dipakai bermain cetak play doh dengan mold.
Sedangkan untuk membuat mie, ice cream, lebih cocok jika bahan doh tidak terlalu keras, jadi untuk warna-warna yang dialokasikan untuk item tersebut saya kurangi jumlah maizenanya.
Aduk lagi hingga benar-benar tercampur dan siap untuk dimasak.
Siapkan wajan yang sudah dipanaskan dengan api kecil.
Masak seperti kita memasak telur dadar, balik dan setelah matang remas-remas doh menggunakan sarung tangan kain agar kematangan doh bisa merata.
Resep play doh / fun doh / clay / plasticine / lilin ini memang sedikit lebih menyita waktu dibandingkan dengan resep doh yang tanpa menggunakan cream of tar tar dan yang tidak dimasak, namun sesuai dengan hasil yang didapatkan.
Bahan dengan resep ini lebih tahan terhadap suhu panas dan ruang ac, jika doh yang dibuat tanpa dimasak cepat sekali kering dan meninggalkan sisa-sisa remahan, maka tidak demikian dengan resep doh ini. Biasanya doh tahan sekitar 1 hingga 2 bulan, ingin lebih tahan lama Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas. Jika merasa sudah mulai padat, tambahkan air dan masak ulang.
Oke semoga tips dan tutorial cara membuat play doh tadi bermanfaat untuk Anda, selamat bermain bersama sang buah hati.

Iklan

8 thoughts on “Cara Membuat Play Doh Tahan Lama Tidak cepat kering

    • Riska W Glenn berkata:

      Kalo cuma pake terigu aja mau dimasak atau tanpa masak? Klo dimasak samain aja komposisinya dg resep ini. Klo tanpa dimasak airnya 1:1 dg air hangat, tuang sedikit semi sedikit biar pas konsistensi nya. Garamnya setengah dr takaran tepungnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s